MAKRAB PSIKOLOGI UNS 2010

Posted: 24/12/2010 in event

Malam Keakraban atau yang biasa disingkat MAKRAB merupakan event tahunan di Prodi Psikologi UNS. Untuk tahun ini, makrab bertema “Training Organization”. Dengan diselenggarakan acara ini diharapkan mahasiswa baru angkatan 2010 dapat lebih mengenal dan akrab dengan kakak tingkatnya.

Acara makrab diselenggarakan oada tanggal 1-3 Oktober 2010. Adapun tempatnya yaitu di kompleks Candi Sukuh, Karanganyar. Acara ini bergenre wajib bagi angkatan 2010, namun begitu tidak semua mahasiswa baru ikut berpartisipasi dalam acara ini. Untuk mengikuti acara tahunan tersebut, para peserta diharuskan membayar kontribusi sebesar Rp 95.000,00. Semua mahasiswa baru wajib membayar, baik yang ikut ataupun tidak.

Makrab Psikologi 2010 diketuai oleh Dian Putra Haryadi angkatan 2008, atau biasa disapa DP. Panitia dari acara ini bervariasi, dari angkatan 2007-2009 menjadi panitia acara ini. Kakak-kakak angkatan tersebut bekerjasama untuk event ini dan dipersembahkan khusus untuk adik-adiknya angkatan 2010. Acara ini, tidak ada kesenioritasan, yang ada hanyalah keakraban antara junior dan senior.

Para peserta yang mengikuti acara ini difasilitasi sebuah pondokan untuk menginap. Selain itu diberi kaos berukuran all size lengan pendek. Dalam acara ini, peserta diberi materi tentang keorganisasian dan  diberi motivasi. Adapun pemateri didatangkan dari dosen psikologi sendiri. Salah satunya yaitu Pak Nugraha Arif Karyanta. Selain materi, ada nonton film bareng yaitu nonton “Anger Management”.

Peseta banyak diberi tantangan oleh panitia, salah satunya yaitu membuat sebuah acara. Dalam tantangan ini, peserta dibagi dalam empat kelompok. Setiap kelompok harus membuat acara semenarik mungkin dan mendatangkan panitia sebanyaknya dalam acara yang dibuatnya. Acara yang berhasil digelar peserta yaitu Jadul’s Games, Woodball, Are You Smarter than 2010, dan Orangtua Menggugat. Acara tersebut dilaksanakan pada hari ke-2 sore hari. Malamnya peserta harus mempresentasikan acara di hadapan para peserta lain, kakak tingkat, dan juri.

Selain acara-acara yang telah disebut di atas, di makrab ini ada outbond, renungan malam, dan jalan malam (jurit malam). Dengan adanya acara ini, kekompakan dan kekeluargaan antarpeserta diuji. Pada hari ke-2, panitia mengumumkan bahwa syarat makan harus membawa teman. Para peserta tidak bisa makan sendiri-sendiri, mereka makan sepiring berdua.

Pada hari terakhir, peserta diberi tantangan untuk membuat sebuah pagelaran pentas seni (pensi). Dalam tantangan ini, peserta dibagi dalam kelompok-kelompok lagi. Selain angkatan 2010, para kakak tingkat juga unjuk gigi, pokoknya seru-seruan. Setelah pensi selesai, ada pengumuman penghargaan dan hadiah. Untuk pembuatan acara, Woodball yang mendapat hadiah, sedangkan untuk pensi, kelompok Perkusi Alam. Selain iu, ada penghargaan untuk individu yang kategorinya aneh-aneh. Ada kategori Tribute Abiz, Ter-asoy Geboi, dan Ter-lalu.

Dengan adanya makab ini, peserta mendapatkan banyak manfaat. Selain mendapat materi tentang keorganisasian yang menarik, outbond, permainan peserta menjadi lebih kenal kakak-kakak tingkatnya. Peserta juga menjadi lebih akrab dengan teman seangkatannya.

training organization

KATA MEREKA

Novia 2010

Menurut saya makrab psikologi 2010 kemarin menarik dan menyenangkan , walaupun efeknya membuat badan capek dan sakit semua. Para panitia pun ramah sehingga menimbulkan komunikasi yang baik dari para maru dengan kakak tingkat. Makrab Psikologi 2010 fun and unforgettable.

Alya 2010

Makrab kemarin, angkatan 2010 menjadi lebih akrab dengan sesama angkatannya, tapi jadi capek.

by Tria

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s