PSYCHOLOGY DISCUSSION MAPS

Posted: 07/04/2011 in Tak Berkategori

Salam semangat teman-teman yang hebat=)

Selamat datang di wordpress HIMAPSI HARMONI…..

Kepengurusan baru = cerita baru, betul begitu??? (Tentu…!!!^^). Sip, sekedar perkenalan untuk yang belum tahu yaa, kepengurusan HIMAPSI HARMONI saat ini tidak berbeda jauh dengan yang tahun lalu. Hanya saja saat ini ada dua komite yang di lebur atau bahasa kerennya di marger  jadi satu, yaitu Himapsi Online dengan Kominfo, jadi untuk kepengurusan HIMAPSI HARMONI ini, Kominfo terbagi dalam dua devisi, Devisi IT (penyampaian informasi melalui dunia maya), dan Devisi Jurnalistik (penyampaian informasi melalui media cetak). Fungsinya? Kami tetap bertugas untuk menyampaikan informasi baik dari dalam maupun luar kepada anggota HIMAPSI yang lain dan salah satu “gawean” kami adalah “menghidupkan” kembali wordpress kita ini.

Sebagai permulaan, kami ingin membagi informasi tentang salah satu proker HIMAPSI yang dijalankan lewat Komite Sains dan Penelitian (KSP). Proker yang dinamai PDM (Psychology Discussion Maps) ini rencananya akan dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam sebulan, yaitu tiap 2 minggu sekali dengan bidang diskusi meliputi bidang klinis, industri, dan sosial. Pada bulan Maret lalu, KSP telah melaksanakan PDM bidang klinis & sosial pada tanggal 10 Maret 2011 dan 17 Maret 2011. Bagaimana hasil diskusi tersebut? Di bawah adalah uraian singkat mengenai hasil PDM kemarin. Ingin tahu? Selamat menikmati^^

 

PDM PSIKOLOGI KLINIS Tanggal 10 Maret 2011

Dalam PDM perdana kali ini dipaparkan sekilas tentang Psikologi Klinis. Psikologi klinis adalah suatu wujud psikologi terapan yang bermaksud memahami kapasitas perilaku dan karakteristik individu yang dilaksanakan melalui metode pengukuran, analisis, serta pemberian saran dan rekomendasi, agar individu mampu melakukan penyesuaian diri secara patut. Psikologi Klinis berusaha mengenali fungsi dasar manusia, asesmen(pengukuran psikologis terhadap kemampuan dan karakteristik manusia),mekanisme abnormalitas manusia beserta intervensi yang patut diberikan untuk kesejahteraan hidup manusia.

Masalah yang dibahas pada PDM psikologi klinis kali ini antara lain:

1)      Psikiater dan Psikolog seharusnya bersinergi layaknya badan dan jiwa sebagai kesatuan fungsi dalam manusia. Psikolog menangani masalah kejiwaan manusia dan psikiater menangani masalah gangguan jiwa secara organik pada tubuh manusia. Pemahaman masyarakat terhadap kompetensi psikolog dan psikiater sangat berbeda. Psikolog dinilai kurang mengambil peranan dalam menangani masalah manusia. Padahal psikolog bertugas mengetahui jalannya jiwanya yang kerjanya yang tak nampak itu yang termanifestasikan dalam perilaku manusia. Psikiater dinilai kerjanya nyata karena penanganannya mudah diamati yaitu melalui farmakoterapi. Kedua profesi diharapkan saling menguatkan masing-masing bidang dengan bekerja sama yang baik. Tugas bagi kita calon psikolog untuk mensosialisasikan pemahaman yang benar terhadap peranan psikolog bagi masyarakat.

2)      Hipnoterapi dikaitkan dengan psikologi klinis. Hipnoterapi yang marak sekarang ini biasanya dipelajari oleh orang di luar dunia psikologi. Bahwa harus dipahami tidak semua masalah dapat dipahami hanya dengan hipnoterapi. Hipnoterapi hanyalah sebuah cara dengan memaksimalkan komunikasi efektif agar orang berubah menjadi lebh baik dan hanya cocok bagi orang yang mudah disugesti. Hipnoterapi sebaiknya disesuaikan dengan konteks masalah yang dihadapi oleh klien. Misalnya untuk menggali kejadian traumatis di masa lalu. Untuk intervensi selanjutnya sebaiknya dilakukan oleh psikolog sebagai control dan tanggung jawab moral terhadap penanganan masalah individu selanjutnya.

 

 

Hasil PDM SOSIAL

Kamis, 17 Maret 2011

 

Cara mengetahui topic apa/masalah apa yang paling diminati :

–          Coba fokus dengan 1 masalah social

–          Cari artikel (fakta) di Koran

–          Cari jurnal yang berhubungan

–          Cari teori yg mendukung dsr mslh social tsb

–          Coba bikin kerangka masalah (bab 1)nya.

 

Masalah yg diminati :

–          LGBT (Ista)

–          Kriminalitas (asa)

–          Altruism pada anak autis (mb QQ)

–          Value of children (Fitri)

–          Child abuse & neglect, pola asuh, dan pengaruh saat dewasa

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s