Tentang Himapsi

KABINET HIMAPSI LENTERA UNS

PERIODE 2010


Himapsi UNS Logo

Visi :

Menjadi diri sendiri untuk melakukan yang bisa kita lakukan walaupun itu berbeda tapi tetap akan berorbit pada satu visi karena itu ciri kita.

Misi :

  1. Membangun profesionalitas dalam berorganisasi
  2. Menciptakan suasana akademik dalam berorganisasi
  3. Mewadahi seluruh potensi seluruh anggota Himapsi
  4. Mewujudkan soliditas pengurus dan anggota
  5. Mempublishkan Himapsi ke lembaga mahasiswa lain di UNS dan luar UNS
  6. Mengimplementasikan visi kepada setiap elemen yang ada di tubuh Himapsi

HIMAPSI ”LENTERA”

‘Luapan Semangat dan Tekad Membara’


PROFIL KEPENGURUSAN

PROFIL KEPENGURUSAN


KETUA UMUM

  1. Ketua Umum HIMAPSI UNS merupakan pemimpin dan pengambil kebijakan tertinggi (top leader) di organisasi HIMAPSI UNS.
  2. Ketua Umum HIMAPSI UNS merupakan orang yang bertanggung jawab penuh terhadap keberlangsungan organisasi HIMAPSI UNS.
  3. Ketua Umum HIMAPSI UNS memiliki hak perogratif untuk menentukan struktur kabinetnya.
  4. Ketua Umum HIMAPSI melakukan koordinasi dengan pihak pengelola Program Studi Psikologi dan Pihak Fakultas Kedokteran UNS
  5. Ketua Umum HIMAPSI UNS memiliki wewenang penuh untuk mengkoordinasikan secara integral seluruh struktur kabinetnya, dengan mekanisme kerja yang sudah diatur.
  6. Ketua HIMAPSI UNS bertanggung jawab terhadap Sidang umum Anggota
  7. Dalam mengemban tugasnya Ketua dibantu oleh Sekretaris Jenderal yang memiliki fungsi sebagai second leader.

SEKRETARIS JENDERAL (SEKJEND)

Fokus :

  1. Sebagai second leader yang membantu dan memback up tugas Ketua Umum, lebih fokusnya untuk keberlangsungan organisasi ke dalam.
  2. Memberikan masukan dan evaluasi kepada Ketua Umum terkait perkembangan dan kemajuan organisasi.
  3. Melakukan funsi controlling setiap kegiatan yang dilakukan oleh pengurus HIMAPSI

Wakil Sekjend I

Membantu sekjend dalam tugas keadministrasian HIMAPSI (tertib adminitrasi).

Wakil Sekjend II

Membantu tugas Sekjend dalam bidang pengadaan dan pengontrolan sarana dan prasarana yang dibutuhkan maupun yang dimiliki oleh HIMAPSI (tertib Kesekretariatan).

BENDAHARA

Fokus :

  1. Mengusahakan pengelolaan keuangan yang produktif, efektif dan akuntable.
  2. Bertanggung jawab terhadap pembiayaan program kerja dari organisasi.
  3. Menjalankan fungsi controlling dan koordinasi keuangan pengurus HIMAPSI (Tertib Keuangan)

Wakil Bendahara Umum

Membantu Bendahara Umum dalam mengatur keuangan HIMAPSI

KOMITE KOMUNIKASI DAN JARINGAN

Komite ini bertanggungjawab membangun komunikasi dan mengembangkan jaringan kerjasama keluar Himapsi UNS. Komunikasi berfungsi dalam advokasi dan menjalin hubungan baik kepada pihak birokrasi terutama dalam lingkup Psikologi Fakultas Kedokteran UNS. Membangun jaringan/ network sebagai upaya memperluas hubungan dengan pihak di luar Himapsi baik dalam lingkup Fakultas (HIMAPSI FK, UKM, HMP), Universitas ataupun ke luar yaitu Psikologi di univertsitas lain. Pembagian unit diserahkan pada kebijakan Komite.

KOMITE PENGEMBANGAN ORGANISASI & SUMBER DAYA MANUSIA

Komite ini bertanggungjawab dalam meningkatkan dan mengembangan potensi SDM seluruh mahasiswa psikologi UNS/ anggota HIMAPSI, pengurus HIMAPSI dan masyarakat umum yaitu menyangkut fungsi Pemberdayaan Anggota (kaderisasi dan regenerasi) dan peningkatan skill Anggota dan masyarakat serta membantu SEKJEND dalam fungsi pengembangan kemajuan organisasi. Selanjutnya dalam rangka memperlancar dalam menjalankan fungsi tersebut, terdapat dua divisi yaitu; Divisi Internal dan Divisi Eksternal.

Divisi Internal : yakni yang membantu sekjend dalam mengelola urusan intern pengurus dan internal Psikologi terutama peningkatan soft skill pengurus HIMAPSI

Divisi Eksternal : yakni divisi yang menjalankan fungsi keluar psikologi demi pengabdian masyarakat ataupun sumbangsih keilmuan kepada masyarakat luas. Seperti mengembangkan soft skill masyarakat.

KOMITE SAINS DAN PENELITIAN

Komite ini bertanggungjawab memfasilitasi peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang psikologi dan peningkatan kemampuan dalam bidang penelitian (PKMP, PKMM, PKMI dll). Selain itu, komite ini bertanggungjawab dalam fungsi penelitian dan pengembangan (litbang) yang berhubungan dengan dunia Psikologi dan sekitarnya. Memantau pelaksanaan pendidikan khususnya di wilayah Prodi Psikologi UNS.

KOMITE MEDIA DAN INFORMASI

Bertanggungjawab dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia psikologi melalui berbagai media cetak, elektonik, dan online yang menunjang. Propaganda Himapsi dan Psikologi pada masyarakat umum melalui media cetak. Memback-up seluruh kegiatan Himapsi melalui media yang diterbitkan (peliputan, iklan dll)

KOMITE KREATIVITAS, MINAT, DAN BAKAT

Komite ini bertanggungjawab dalam memfasilitasi pengembangan kreativitas, minat, dan bakat anggota himapsi misalnya, dalam bidang seni dan olahraga.

Sebagai perintis berdirinya club minat dan bakat di lingkup psikologi.

HIMAPSI ON_LINE

Merupakan badan yang berdiri sendiri dan bertugas mengelola blog HIMAPSI : himapsiuns.wordpress.com serta e-mail : himapsi.online@gmail.com, dan bertanggungjawab langsung kapada Ketua Umum HIMAPSI, kedudukannya sejajar dengan Komite.

BIRO KEROHANIAN

Biro yang berada di bawah himapsi yang bidang kerjanya terfokus pada kerohanian, guna mewujudkan lingkungan kampus yang religi agar terlahir pribadi-pribadi yang beriman dan bertakwa disini terdapat 2 divisi yaiti Kerohanian Islam dan Kristen.